Bagi sebagian besar perusahaan, sertifikasi untuk standar layanan IT mungkin bukan menjadi kewajiban. Namun, untuk mencapai kepatuhan terhadap suatu standar layanan IT akan membutuhkan sertifikat-sertifikat tertentu agar dapat memberikan manfaat yang cukup besar. Oleh karena itu, mari menilik seberapa penting sertifikasi IT.
Pemimpin bagian IT perusahaan kiranya perlu mempertimbangkan sertifikasi, misalnya untuk standar internasional seperti ISO 20000, ISO 270001. Standar yang lebih umum seperti ISO 9001 (standard manajemen mutu) juga akan berdampak positif pada bagian IT.
Baca Juga: Mencapai Keunggulan Operasional dengan Managed Service IT Operation
Salah satu dorongan terbesar untuk perusahaan melakukan sertifikasi proses adalah persyaratan dari pelanggan. Banyak pelanggan yang menginginkan vendor atau pemasok yang sudah mendapatkan sertifikasi standar tertentu, agar mendapatkan produk atau jasa yang dapat diandalkan.
Selain tuntutan eksternal, kepatuhan dan sertifikasi terhadap standar layanan IT juga bisa memberikan manfaat bagi operasi internal perusahaan itu sendiri. Memenuhi standar seperti ISO 20000 (pengelolaan layanan IT) dan ISO 27001 (pengelolaan keamanan informasi) akan meningkatkan kualitas layanan yang ditawarkan bagian IT untuk perusahaan.
Jenis-jenis Sertifikasi IT
ISO 20000
Sebuah survei pada 2016 menunjukkan bahwa perusahaan mendapatkan manfaat dari sertifikasi ISO 20000. Manfaat pertama adalah reputasi dan kepercayaan yang didapatkan dari sertifikasi. Sertifikat ISO 20000 disebutkan sebagai petunjuk komitmen perusahaan terhadap kualitas.
Baca Juga: Menghadapi Tantangan SDM IT dengan Managed IT Operation
Manfaat lain yang juga didapatkan adalah peningkatan layanan melalui proses peningkatan mutu terus-menerus. Layanan dan proses juga lebih konsisten, serta pada gilirannya produktivitas meningkat dan biaya juga dapat ditekan.
ISO 27001
Penerapan ISO 27001 sangat penting untuk perusahaan yang ingin mengelola keamanan sistem informasi dengan lebih baik. standar ini membantu suatu organisasi untuk mengelola keamanan aset seperti informasi keuangan, kekayaan intelektual, data karyawan, dan informasi lain yang dipercayakan pihak lain kepada perusahaan (misalnya informasi pelanggan). Perusahaan yang menyimpan informasi rahasia dan sensitif yang perlu dilindungi bisa memperoleh manfaat dengan menerapkan standar ini.
Standar ISO 27001 memberikan kerangka kerja bagi perusahaan untuk melindungi diri dari ancaman siber. Sertifikasi standar ini bisa menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keamanan. Pada gilirannya, perusahaan bisa mencegah kerugian yang mungkin timbul akibat serangan peretas, seperti kebocoran data.
Mendapatkan Sertifikasi IT dengan Solusi Lintasarta
Sertifikasi memang banyak memberikan manfaat. Namun pada praktiknya, diperlukan waktu, biaya, dan sumber daya untuk mencapai sertifikasi. Tentunya bila Anda tidak membutuhkan syarat sertifikasi formal (misalnya, karena tidak dituntut oleh regulasi atau klien), proses ini tidak perlu dilalui. Meskipun begitu kepatuhan terhadap standarstandar layanan IT tersebut tetap bisa memberikan manfaat kepada perusahaan.
Perusahaan yang ingin mencapai kepatuhan terhadap standarstandar layanan IT namun memiliki sumber daya terbatas dapat memanfaatkan layanan Managed Service IT Operations, seperti yang ditawarkan oleh Lintasarta. Tentunya layanan managed service itu harus sudah memahami dan mempraktikkan sendiri serta sudah tersertifikasi untuk standar yang diinginkan.
Baca Juga: Tingkatkan Layanan Pelanggan dengan Managed IT Operation
Lintasarta sudah mematuhi dan mendapatkan sertifikat untuk standard yang terkait layanan IT, seperti ISO 20000-1 (Information Technology Service Management System) serta ISO 27001. Selain itu, Lintasarta juga memiliki sertifikat ISO 14001 (Environmental Management System), ISO 9001 (Quality Management System), dan berbagai sertifikat lainnya. Dengan pengalaman dan komitmen akan kepatuhan terhadap berbagai standar internasional, Lintasarta dapat membantu perusahaan Anda untuk mencapai layanan IT dengan kualitas internasional.
Layanan Managed Service IT Operations tersedia di seluruh Indonesia, dari 54 kantor cabang Lintasarta yang tersebar dari Aceh sampai Merauke. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Managed Service IT Operations dari Lintasarta, silakan hubungi kami.