|
Lintasarta

Apa Itu SLA pada Internet Dedicated dan Apa Pentingnya Bagi Bisnis?

Internet Dedicatedlintasarta internet dedicated

Ketika suatu bisnis hendak memilih penyedia sambungan Internet, salah satu pertimbangan adalah jenis layanan yang tersedia. Secara umum penyedia jasa Internet bisa menawarkan Internet Broadband ataupun Internet Dedicated. Banyak perusahaan memilih Internet Broadband dengan pertimbangan biaya yang lebih murah, tetapi bagi perusahaan yang mengandalkan kualitas sambungan koneksinya, Internet Dedicated akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Internet Dedicated memiliki berbagai kelebihan untuk bisnis, di antaranya koneksi yang lebih stabil, bandwidth simetris antara download dan upload, serta layanan purna jual (after sales service) yang selalu tersedia 24 jam selama 7 hari. Kelebihan lainnya adalah kualitas dan ketersediaan sambungan Internet dijamin dengan Service Level Agreement (SLA).

Baca juga: Internet of Things dan Ekosistem Digital di Indonesia

Bagi bisnis, jaminan layanan dengan SLA ini sangat penting. SLA merupakan perjanjian yang menentukan kualitas layanan, yang mana dalam hal ini layanan internet yang ditawarkan penyedia jasa Internet Dedicated. Dalam SLA, penyedia jasa Internet Dedicated menjelaskan jaminan kualitas sambungan Internet yang akan diperoleh pengguna. Dalam perjanjian tersebut, penyedia jasa akan juga menjelaskan pengukuran kualitas layanan, dan ganti rugi atau penalti yang bisa dituntut oleh pelanggan bila jaminan tersebut dilanggar.

Sebagai contoh, penyedia jasa bisa menjamin bahwa sambungan Internet akan tersedia 99% selama setahun. Ini artinya downtime sambungan Internet hanya maksimum 3,65 hari per tahun, atau 14,40 menit per hari.

Metrik lain yang mungkin dijamin adalah Mean Time to Repair (MTTR), atau rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki layanan bila terjadi masalah. MTTR 4 jam berarti layanan akan dapat dipulihkan dalam waktu rata-rata 4 jam atau kurang bila terjadi masalah. Beberapa metrik lain yang juga bisa diperhitungkan dalam SLA adalah latency dan packet loss.

Bila ternyata jaminan ketersediaan, MTRR, atau metrik lain dalam SLA  dilanggar, pelanggan berhak meminta kompensasi. Kompensasi dapat berbentuk pengurangan pembayaran atau keringanan lain yang bisa ditawarkan.

Jaminan sambungan Internet

Saat ini, banyak aplikasi bisnis yang diandalkan perusahaan menuntut kualitas jaringan yang mumpuni. Contohnya adalah aplikasi kolaborasi, konferensi video, VoIP (Voice over Internet Protocol), remote desktop, dan lain-lain. Gangguan kualitas Internet, tidak hanya ketersediaan sambungan, tetapi juga latency atau packet loss, dapat memengaruhi performa aplikasi seperti ini.

Baca juga: Kapan Bisnis Anda Memerlukan Internet Dedicated?

Gangguan sambungan Internet ketika menggunakan aplikasi bisnis seperti ini tidak hanya membuat bisnis mengalami gangguan operasional, tetapi juga kehilangan potensi pendapatan. Misalnya, gangguan sambungan Internet yang terjadi ketika konferensi video dengan klien bisa membuat rencana bisnis tertunda.

Bagi penyedia jasa Internet, SLA merupakan insentif untuk penyedia jasa Internet untuk menjaga kualitas koneksi layanan yang ditawarkan. Dengan demikian, penyedia jasa Internet Dedicated dapat mencegah masalah reputasi dan kerugian finansial akibat klaim pelanggan.

Lintasarta menyediakan layanan Internet Dedicated untuk membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya. Dalam waktu lebih dari tiga dekade, Lintasarta berpengalaman melayani dan menjaga kualitas Internet Dedicated untuk para pelanggannya.

Layanan Lintasarta Internet Dedicated langsung terhubung ke saluran utama (backbone) dalam negeri dan internasional. Dengan ketersediaan layanan Internet Dedicated dari Lintasarta di lebih dari 70 kota, Anda dapat memperoleh sambungan Internet berkualitas untuk bisnis di lebih banyak lokasi di Indonesia.

Baca juga: Perbedaan Kecepatan Internet Dedicated dan Internet Broadband

Anda dapat terhubung melalui berbagai jenis koneksi, mulai dari fiber optik, radio, sampai satelit (VSAT) sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan SLA jaminan sambungan Internet 99% selama sebulan. Dengan begitu, downtime sambungan Internet yang Anda miliki maksimal sebesar 7,2 jam per bulan.

Untuk mengetahui lebih lanjut jaminan kualitas Internet Dedicated yang ditawarkan oleh Lintasarta, silakan hubungi kami.

Apa Itu SLA pada Internet Dedicated dan Apa Pentingnya Bagi Bisnis?

Ketika suatu bisnis hendak memilih penyedia sambungan Internet, salah satu pertimbangan adalah jenis layanan yang tersedia. Secara umum penyedia jasa Internet bisa menawarkan Internet Broadband ataupun Internet Dedicated. Banyak perusahaan memilih Internet Broadband dengan pertimbangan biaya yang lebih murah, tetapi bagi perusahaan yang mengandalkan kualitas sambungan koneksinya, Internet Dedicated akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Internet Dedicated memiliki berbagai kelebihan untuk bisnis, di antaranya koneksi yang lebih stabil, bandwidth simetris antara download dan upload, serta layanan purna jual (after sales service) yang selalu tersedia 24 jam selama 7 hari. Kelebihan lainnya adalah kualitas dan ketersediaan sambungan Internet dijamin dengan Service Level Agreement (SLA).

Bagi bisnis, jaminan layanan dengan SLA ini sangat penting. SLA merupakan perjanjian yang menentukan kualitas layanan, yang mana dalam hal ini layanan internet yang ditawarkan penyedia jasa Internet Dedicated. Dalam SLA, penyedia jasa Internet Dedicated menjelaskan jaminan kualitas sambungan Internet yang akan diperoleh pengguna. Dalam perjanjian tersebut, penyedia jasa akan juga menjelaskan pengukuran kualitas layanan, dan ganti rugi atau penalti yang bisa dituntut oleh pelanggan bila jaminan tersebut dilanggar.

Sebagai contoh, penyedia jasa bisa menjamin bahwa sambungan Internet akan tersedia 99% selama setahun. Ini artinya downtime sambungan Internet hanya maksimum 3,65 hari per tahun, atau 14,40 menit per hari.

Metrik lain yang mungkin dijamin adalah Mean Time to Repair (MTTR), atau rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki layanan bila terjadi masalah. MTTR 4 jam berarti layanan akan dapat dipulihkan dalam waktu rata-rata 4 jam atau kurang bila terjadi masalah. Beberapa metrik lain yang juga bisa diperhitungkan dalam SLA adalah latency dan packet loss.

Bila ternyata jaminan ketersediaan, MTRR, atau metrik lain dalam SLA  dilanggar, pelanggan berhak meminta kompensasi. Kompensasi dapat berbentuk pengurangan pembayaran atau keringanan lain yang bisa ditawarkan.

Berita Lainnya

Layanan ‘one stop solution’ untuk perkembangan bisnis Anda!