|
Lintasarta

After Sales Service Internet, Apa Itu dan Mengapa Sangat Penting?

Ater sales service internetInternetLayanan Internet

Setiap perusahaan berusaha menjadi yang terbaik dalam menjaga bisnisnya agar berjalan dengan lancar, khususnya di era perkembangan Internet dengan konektivitas tinggi seperti sekarang. Untuk mendukung bisnis perusahaan, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan perusahaan adalah memastikan partner penyedia layanan Internet memiliki after sales service Internet atau purna jual dengan kualitas baik.

Baca juga: 5 Pertimbangan jika Perusahaan Manufaktur Ingin Memilih Provider Internet

Pada dasarnya, after sales service merupakan layanan pendukung yang bertujuan untuk memastikan produk ataupun jasa dapat bekerja dengan baik dan minim risiko. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), after sales service terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Pelayanan purna jual selama masa garansi berupa jaminan pemeriksaan, hingga penggantian barang maupun komponen yang tidak berfungsi dengan baik. Biaya dari jaminan tersebut akan ditanggung oleh perusahaan produsen, selama barang masih dalam masa garansi.
  2. Pelayanan purna jual pasca-garansi berupa perawatan hingga perbaikan komponen dengan biaya yang ditanggungkan kepada konsumen.

Jenis Layanan After Sales

Dalam dunia pelayanan Internet, penyedia jasa biasanya memberikan after sales service dalam beberapa jenis. Pelayanan tersebut secara garis besar bisa berupa maintenance, customer service, hingga jenis penanganan lain. Penjabarannya adalah sebagai berikut:

  • Technical Support/Help Desk
    Pada jenis after sales service pertama ini, perusahaan penyedia jasa akan memfasilitasi perusahaan konsumen dengan berbagai peranti dalam penggunaannya. Contohnya adalah software yang digunakan, instalasi, perangkat keras (hardware) seperti PC, kabel, dan peranti lainnya yang berbentuk fisik dalam menunjang kinerja sebuah produk yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa Internet.
  • Automated Customer Service
    After sales service jenis ini lebih menitikberatkan pada pelayanan konsumen selama 7 hari 24 jam. Perusahaan penyedia jasa Internet yang menawarkan after sales service biasanya memiliki sebuah layanan yang didukung dengan teknologi terkini. Teknologi tersebut akan memastikan layanan automated customer service bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan berkualitas.
  • Support Automation
    Support automation merupakan after sales service lanjutan dari layanan sebelumnya. Dalam layanan ini, biasanya perusahaan penyedia jasa Internet akan didukung oleh teknisi dan peralatan terbaik untuk mencegah terjadinya kerusakan, menangani kerusakan dengan cepat, dan memberikan solusi total pada perusahaan konsumen. Layanan seperti inilah yang paling diminati oleh perusahaan konsumen.

Manfaat after sales service Internet bagi perusahaan

Dalam banyak hal, penerapan after sales service sangat penting bagi perusahaan maupun penyedia penyedia jasa Internet. Ada empat poin besar manfaat after sales service ini, yaitu:

  1. Memberikan efek jangka panjang, yakni membangun kemitraan yang strategis antara perusahaan penyedia jasa Internet dengan perusahaan konsumen.
  2. Pelayanan yang diberikan cukup maksimal dari harga yang Anda bayarkan. Persaingan harga bukan hal baru dalam perusahaan penyedia jasa. Karena itu, saat Anda membayar produk tertentu, Anda juga berhak mendapatkan pelayanan lebih dalam hal perawatan dan sebagainya.
  3. Produk yang Anda gunakan akan lebih optimal. Contohnya, dalam hal koneksi dan kestabilan jaringan, sehingga perusahaan Anda akan lebih banyak mendapatkan keuntungan.
  4. Sebagai perusahaan konsumen, Anda bisa bertukar informasi dengan perusahaan penyedia jasa Internet. Contohnya, Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai produk baru yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa dan produk mana yang paling bisa diandalkan.

Baca juga: Tips Memperluas Jaringan Internet Untuk Bisnis Online

Dalam hal ini, Anda dapat menjadikan Lintasarta sebagai mitra penyedia jasa Internetyang terpercaya untuk perusahaan. Berdiri sejak 1988, Lintasarta sudah berpengalaman lebih dari 34 tahun di bidang penyedia jasa komunikasi data, Internet & IT services di Indonesia. Jika ingin tahu lebih lengkapnya, Anda bisa hubungi kami di sini.

After Sales Service Internet, Apa Itu dan Mengapa Sangat Penting?

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), after sales service terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Pelayanan purna jual selama masa garansi berupa jaminan pemeriksaan, hingga penggantian barang maupun komponen yang tidak berfungsi dengan baik.
  2. Pelayanan purna jual pasca-garansi berupa perawatan hingga perbaikan komponen dengan biaya yang ditanggungkan kepada konsumen.

Jenis Layanan After Sales

  • Technical Support/Help Desk
  • Automated Customer Service
  • Support Automation

Manfaat after sales service Internet bagi perusahaan

  1. Memberikan efek jangka panjang.
  2. Pelayanan yang diberikan cukup maksimal dari harga yang Anda bayarkan.
  3. Produk yang Anda gunakan akan lebih optimal.
  4. Sebagai perusahaan konsumen, Anda bisa bertukar informasi dengan perusahaan penyedia jasa Internet.

Berita Lainnya

Layanan ‘one stop solution’ untuk perkembangan bisnis Anda!