|
Lintasarta

6 Tips Hemat Biaya Cloud untuk Perguruan Tinggi

Cloud Computingcloud service

Gempuran pandemi COVID-19 telah mendorong banyak Perguruan Tinggi untuk memanfaatkan Cloud. Sudah banyak yang menguji portal akses siswa berbasis Cloud dan aplikasi, terlebih dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh, membuat adopsi Cloud skala besar menjadi penting supaya Perguruan Tinggi bisa melanjutkan kegiatannya.

Baca Juga: Praktik yang Dianjurkan untuk Mengamankan Aplikasi Cloud

Menurut sebuah survei, 96%pemimpin di Perguruan Tinggi mengatakan bahwa layanan komputasi awan ini membantu memenuhi kebutuhan institusional, dan 63% berencana untuk meningkatkan adopsi Cloud. Sayangnya, lebih dari sepertiga Perguruan Tinggi yang mengadopsi Cloud menemukan masalah, yakni pengeluaran dana untuk pengoperasian Cloud yang sangat boros.

Hemat Biaya Cloud untuk Perguruan Tinggi

Kini, banyak Perguruan Tinggi menerapkan sistem pembelajaran hibrida, secara tatap muka dan jarak jauh (online), artinya para pemimpin Perguruan Tinggi membutuhkan cara baru untuk mengoptimalkan penggunaan Cloud dan meminimalkan pengeluaran yang berlebihan sehingga bisa jadi penghemat biaya.

Baca Juga: Cloud Computing, Pondasi Startup di Indonesia

Berikut adalah 6 cara bagi Perguruan Tinggi untuk mengurangi pengeluaran tanpa mengorbankan kinerja Cloud.

  1. Menentukan sumber daya yang tidak digunakan
    Salah satu manfaat terbesar dari Cloud adalah kemampuan untuk menjalankan komputasi sesuai permintaan. Di lingkungan universitas, ini memungkinkan para peneliti untuk mengakses sumber daya yang diperlukan untuk operasi komputasi berkinerja tinggi, memberdayakan ruang kelas dan laboratorium virtual, dan merampingkan proses pengelolaan akun mahasiswa/i.
    Namun, sifat layanan Cloud yang sesuai permintaan bisa menjadi kelemahan. Biaya pengoperasian Cloud dapat dengan cepat menjadi tidak terkendali. Di sini, ada baiknya berinvestasi untuk menyediakan alat yang dapat membantu menentukan sumber daya yang tidak digunakan dan menyiapkan jadwal rutin untuk evaluasi Cloud guna memastikan apa yang digunakan benar-benar optimal.
  2. Mengidentifikasi dan konsolidasi instans komputasi
    Bersama dengan instans yang tidak digunakan, tim TI Perguruan Tinggi juga dapat menemukan server yang menjalankan beban kerja dengan kapasitas minimal. Tetapi, bergantung pada sifat perjanjian tingkat layanannya, penggunaan CPU bahkan 5 atau 10% dapat menyebabkan tagihan untuk seluruh komputasi. Dengan mengidentifikasi dan mengkonsolidasikan beban kerja Cloud, universitas bisa mendapatkan pemanfaatan yang mendekati 100% dan meningkatkan rasio pengeluaran untuk penggunaan.
  3. Mempertimbangkan pindah ke lingkungan Multicloud
    Multicloud juga menawarkan cara untuk mengelola pengeluaran Cloud dengan lebih baik. Konsep di balik Multicloud sederhana: Alih-alih menggunakan Cloud publik atau pribadi berskala besar yang menyediakan layanan menyeluruh dan umum beberapa yang dibutuhkan universitas dan beberapa yang tidak terlalu berguna, tim TI bisa memanfaatkan penyedia Cloud yang unggul di area tertentu.
    Hal ini, memungkinkan penggunaan sumber daya komputasi awan yang lebih terfokus dengan ROI yang lebih baik, dengan peringatan bahwa pemantauan yang lebih mendalam diperlukan untuk mengurangi risiko duplikasi sumber daya di beberapa penyedia Cloud.
    Bergantung pada kompleksitas jaringan dan jumlah Cloud yang diperlukan untuk memenuhi sasaran layanan, mungkin ada baiknya bermitra dengan penyedia pihak ketiga yang bereputasi baik untuk membantu merampingkan manajemen Cloud dalam skala besar.
  4. Meminimalkan konfigurasi manual dengan memanfaatkan kemampuan otomatisasi
    Banyaknya data yang sekarang dihasilkan oleh mahasiswa/i, staf, dan aplikasi pihak ketiga menciptakan tantangan untuk pengelolaan Cloud yang dioptimalkan. Sederhananya, staf mudah terjebak dalam tugas pemantauan dan manajemen manual sehingga mereka kehilangan peluang untuk memaksimalkan penghematan Cloud.
    Misalnya, jika kerangka kerja akses saat ini mengharuskan tim TI untuk mengonfigurasi dan menyetujui semua permintaan Cloud secara manual, mereka kehilangan waktu yang seharusnya bisa dihabiskan dengan lebih baik untuk meningkatkan operasi Cloud dalam skala besar.
  5. Mengomunikasikan dengan pengguna
    Pengguna Cloud di Perguruan Tinggi, seperti staf, mahasiswa/i, dan administrator adalah orang-orang yang secara aktif terlibat dengan penerapan Cloud hari demi hari. Sebaiknya bicarakan dengan mereka tentang apa yang berhasil, apa yang tidak, dan apa yang perlu diubah terkait Cloud.
    Adopsi Cloud semakin cepat di Perguruan Tinggi karena berupaya mendukung lingkungan pembelajaran hibrida tanpa mengeluarkan modal yang besar, tetapi Cloud hadir dengan tantangan biayanya sendiri seputar sumber dayanya, penggunaan server, dan adopsi pengguna. Mulailah dengan tips ini untuk pengoptimalan biaya Cloud guna meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu tanpa mengorbankan performa.
  6. Memprioritaskan penerapan layanan
    Tidak semua beban kerja termasuk dalam Cloud. Beberapa lebih cocok untuk mengamankan server di tempat, sementara yang lain mungkin memerlukan contoh khusus untuk memastikan tingkat keamanan dan akses tertinggi. Dengan Cloud sekarang menjadi prioritas bagi sekolah untuk menavigasi pendidikan normal berikutnya, namun, sangat penting bagi tim TI untuk memprioritaskan adopsi layanan baru

Baca Juga: Keuntungan Memakai Cloud Dibandingkan Penyimpanan Konvensional

Lintasarta Cloudeka menyediakan solusi layanan Cloud yang lengkap sesuai kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih jauh tentang layanan Lintasarta Cloudeka, Anda dapat menghubungi kami.

Lintasarta
|

6 Tips Hemat Biaya Cloud untuk Perguruan Tinggi

Pandemi COVID-19 membuat sejumlah perguruan tinggi mulai beralih memanfaatkan Cloud. Meski lebih praktis, penerapan Cloud di perguruan tinggi masih menyimpan masalah. Termasuk di antaranya adalah dana pengoperasian yang cukup mahal. Namun, terdapat tips untuk perguruan tinggi berhemat:

  1. Menentukan sumber daya yang tidak digunakan
  2. Mengidentifikasi dan konsolidasi instans komputasi
  3. Mempertimbangkan pindah ke lingkungan Multicloud
  4. Meminimalkan konfigurasi manual dengan memanfaatkan kemampuan otomatisasi
  5. Mengomunikasikan dengan pengguna
  6. Memprioritaskan penerapan layanan

Berita Lainnya

Layanan ‘one stop solution’ untuk perkembangan bisnis Anda!