|
Lintasarta

Tidak Hanya Mudahkan Pelanggan, Teknologi AI Juga Bantu Internal Perusahaan

Tidak Hanya Mudahkan Pelanggan, Teknologi AI Juga Bantu Internal Perusahaan

Di era digital yang terus bergerak maju, teknologi kecerdasan buatan (AI) telah menjadi bagian integral di hampir semua lini kehidupan, tak terkecuali bisnis.

Salah satu area di mana keterlibatan AI mampu memberikan dampak signifikan adalah peningkatan customer experience (CX). AI tidak hanya membantu perusahaan memberikan layanan yang lebih cepat dan personal kepada pelanggan atau end customer, tetapi juga bagi karyawan internal dengan integrasi lintas divisi.

Misalnya, AI memungkinkan karyawan yang memiliki otoritas tertentu untuk mengakses berbagai data perusahaan dengan mudah, seperti transaksi keuangan, regulasi, informasi produk dan layanan, transfer pengetahuan kepada karyawan baru, dan berbagai hal lainnya.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, teknologi AI kini diterapkan di hampir semua sektor bisnis, termasuk retail, keuangan, perbankan, manufaktur, badan usaha milik pemerintah, rantai pasok, logistik, dan telekomunikasi.

Bagaimana cara AI bekerja?

Lintasarta sebagai salah satu perusahaan penyedia solusi end-to-end bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), telah mengembangkan layanan berbasis AI bernama AIKnow atau AI Knowledge Assistance.

Teknologi ini bekerja menggunakan platform antarmuka dimana user dapat berinteraksi langsung melalui Chatroom User Interface dengan bantuan Chatbot berbasis AI yang terintegrasi dengan basis data perusahaan.

Baca Juga: Menguak Potensi AI dalam Transformasi Industri Keuangan

Jika Anda cukup familiar dengan ChatGPT, Google Gemini, atau Windows Copilot, maka secara konsep, teknologi ini serupa. Hanya saja lebih khusus dan spesifik.

Chatbot AI merupakan program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan manusia dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang terus diolah. 

Dalam prakteknya, Chatbot AI dapat berkomunikasi dengan manusia melalui teks atau suara, dan digunakan dalam berbagai aplikasi guna memberikan layanan tertentu, menjawab pertanyaan, hingga membantu menjalankan tugas khusus lainnya. 

Tidak hanya itu, teknologi AI juga memungkinkan chatbot memahami bahasa atau teks yang dituliskan, kemudian menginterpretasikan makna serta memberi respons yang relevan sesuai input yang diberikan.

Dalam dunia bisnis, ada dua jenis utama Chatbot AI yang bisa membantu Anda memudahkan kinerja bisnis karyawan, yakni:

  • Chatbot berbasis aturan, adalah chatbot dengan set aturan yang telah ditentukan guna memberikan respons yang lebih sederhana dan spesifik.
  • Chatbot berbasis machine learning, yaitu chatbot yang lebih canggih dengan algoritma machine learning untuk belajar dan memahami percakapan, sehingga bisa dipercaya menangani tugas yang lebih kompleks.

Baca Juga: Efisiensi Waktu Cari Dokumen Perusahaan Dengan Chatbot AI

Demi menjalankan tuga-tugas tersebut, Chatbot AI bekerja melalui beberapa langkah utama, yakni dengan pemahaman bahasa alami atau Natural Language Understanding, dan pemrosesan bahasa alami atau Natural Language Processing.

Dampak positif penggunaan Chatbot AI

Teknologi AI memiliki peran yang substansial dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, baik internal maupun eksternal.

1. Divisi layanan pelanggan: Kecepatan dan personalisasi

Chatbot yang didukung oleh AI mampu merespons pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh user secara real-time, memberikan solusi yang cepat, sampai memandu proses berikutnya tanpa keterlibatan manusia.

Teknologi ini tidak hanya menghemat waktu bagi mereka yang berhubungan langsung dengan pelanggan, tetapi juga meningkatkan efisiensi dari tim layanan yang mengelolanya.

2. Divisi pemasaran: Segmentasi dan kemampuan prediktif

AI mampu membuat segmentasi pasar dengan menganalisis fragmentasi data pelanggan dari perilaku, demografi, hingga preferensi produk yang dipilih.

Kemampuan teknologi AI memprediksi perilaku konsumen berdasarkan data historis juga memungkinkan perusahaan lebih proaktif dalam mengantisipasi tren yang berkembang dan merancang strategi penawaran yang sesuai kebutuhan pasar.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja AI, Manfaat dan Contoh Aplikasi AI

Dengan menganalisis perilaku konversi dari pelanggan, AI dapat merekomendasikan produk atau layanan yang paling relevan dan dibutuhkan. Hal tersebut tentunya dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dalam meningkatkan peluang cross-selling dan up-selling.

3. Divisi pengembangan: Menciptakan produk inovatif

AI dapat digunakan untuk mengolah data dari berbagai sumber, mulai dari testimoni atau umpan balik pelanggan, tren pasar, dan analisis kompetitif sehingga memungkinkan tim pengembang produk menciptakan produk yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan, preferensi, sekaligus ekspektasi pelanggan.

4. Divisi operasional: Produktivitas karyawan

AI tidak hanya bermanfaat untuk interaksi eksternal dengan pelanggan, tetapi juga meningkatkan produktivitas karyawan dalam internal perusahaan. Dengan AI, banyak tugas-tugas yang dapat diotomatisasi, sehingga karyawan dapat fokus pada pekerjaan khusus yang memerlukan keterlibatan manusia. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap efisiensi sekaligus pengalaman kerja yang lebih baik bagi karyawan.

Selain itu, AI juga dapat digunakan sebagai alat pelatihan karyawan baru dengan menyediakan materi yang dibutuhkan serta informasi yang ingin dipelajari.

Dengan demikian, karyawan bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan guna berkontribusi terhadap perusahaan.

Tingkatkan produktivitas dengan Lintasarta AIKnow

Penggunaan Chatbot AI dalam ruang lingkup bisnis secara umum dapat menghadirkan berbagai keuntungan bagi perusahaan di hampir semua aspek.

Salah satu produk Chatbot AI yang wajib menjadi pertimbangan bagi bisnis Anda saat ini adalah Lintasarta AIKnow Secured Enterprise Gen-AI yang merupakan asisten digital berbasis Artificial Intelligence (AI). AIKnow secara signifikan dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan secara holistik, baik antar divisi ataupun pengembangan perusahaan yang diperlukan guna meningkatkan customer experience kepada end customer mereka.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Lintasarta AIKnow Secured Enterprise Gen-AI dan apa yang dapat dilakukan platform ini terhadap perusahaan Anda, silahkan berbincang dengan kami melalui tautan ini.

Lintasarta
|

Tidak Hanya Mudahkan Pelanggan, Teknologi AI Juga Bantu Internal Perusahaan

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, teknologi AI kini diterapkan di hampir semua sektor bisnis, termasuk retail, keuangan, perbankan, manufaktur, badan usaha milik pemerintah, rantai pasok, logistik, dan telekomunikasi.

Bagaimana cara AI bekerja?

Lintasarta sebagai salah satu perusahaan penyedia solusi end-to-end bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), telah mengembangkan layanan berbasis AI bernama AIKnow atau AI Knowledge Assistance.

Teknologi ini bekerja menggunakan platform antarmuka dimana user dapat berinteraksi langsung melalui Chatroom User Interface dengan bantuan Chatbot berbasis AI yang terintegrasi dengan basis data perusahaan

Dampak positif penggunaan Chatbot AI

Teknologi AI memiliki peran yang substansial dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, baik internal maupun eksternal.

  1. Divisi layanan pelanggan: Kecepatan dan personalisasi

Chatbot yang didukung oleh AI mampu merespons pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh user secara real-time, memberikan solusi yang cepat, sampai memandu proses berikutnya tanpa keterlibatan manusia.

  1. Divisi pemasaran: Segmentasi dan kemampuan prediktif

AI mampu membuat segmentasi pasar dengan menganalisis fragmentasi data pelanggan dari perilaku, demografi, hingga preferensi produk yang dipilih.

  1. Divisi pengembangan: Menciptakan produk inovatif

AI dapat digunakan untuk mengolah data dari berbagai sumber, mulai dari testimoni atau umpan balik pelanggan, tren pasar, dan analisis kompetitif sehingga memungkinkan tim pengembang produk menciptakan produk yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan, preferensi, sekaligus ekspektasi pelanggan.

  1. Divisi operasional: Produktivitas karyawan

AI tidak hanya bermanfaat untuk interaksi eksternal dengan pelanggan, tetapi juga meningkatkan produktivitas karyawan dalam internal perusahaan. Dengan AI, banyak tugas-tugas yang dapat diotomatisasi, sehingga karyawan dapat fokus pada pekerjaan khusus yang memerlukan keterlibatan manusia. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap efisiensi sekaligus pengalaman kerja yang lebih baik bagi karyawan.

Tingkatkan produktivitas dengan Lintasarta AIKnow

Salah satu produk Chatbot AI yang wajib menjadi pertimbangan bagi bisnis Anda saat ini adalah Lintasarta AIKnow Secured Enterprise Gen-AI yang merupakan asisten digital berbasis Artificial Intelligence (AI). AIKnow secara signifikan dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan secara holistik, baik antar divisi ataupun pengembangan perusahaan yang diperlukan guna meningkatkan customer experience kepada end customer mereka.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Lintasarta AIKnow Secured Enterprise Gen-AI dan apa yang dapat dilakukan platform ini terhadap perusahaan Anda, silahkan berbincang dengan kami melalui tautan ini.

Berita Lainnya

Layanan ‘one stop solution’ untuk perkembangan bisnis Anda!