Saat ini, hampir semua perusahaan sudah menggunakan teknologi informasi (IT) untuk mendukung seluruh operasional bisnisnya. Semakin besar sebuah perusahaan, semakin besar pula kebutuhan infrastruktur IT yang diperlukan.
Belum lagi kebutuhan untuk selalu up-to-date terkait perkembangan teknologi, dengan dukungan infrastruktur perusahaan yang semakin berkembang, banyak perusahaan kesulitan dalam mengelola IT mereka secara internal.
Salah satu solusi yang dibutuhkan dari kompleksitas tersebut adalah layanan Managed Service IT Operations. Lalu, apa manfaatnya bagi perusahaan? Berikut ulasan mengenai peranan Managed Service IT Operations.
Apa itu Managed Service IT Operations?
Managed Service IT Operations atau MSITO merupakan layanan yang menyediakan pengelolaan dan pemantauan infrastruktur IT oleh penyedia layanan pihak ketiga. Layanan ini mencakup berbagai aspek IT, baik perangkat keras maupun lunak, meliputi pengelolaan perangkat end user services jaringan, server, dan berbagai dukungan teknis lainnya.
Baca juga: NOC – Dikelola Sendiri atau Managed Service?
Dengan menggunakan layanan ini, perusahaan bisa menyerahkan tanggung jawab operasional hingga pemeliharaan IT kepada penyedia layanan profesional dan bersertifikasi di bidangnya.
Peran Managed Service IT Operations bagi perusahaan
Managed Service IT Operations memainkan peranan penting dalam mendukung keberhasilan operasional bisnis perusahaan. Berikut beberapa fungsi utama yang disediakan oleh layanan ini:
1. Efisiensi operasional
a. Pemantauan
Penyedia layanan Managed Service IT Operations (MSITO) memantau Operational IT secara terus-menerus. Hal ini memungkinkan deteksi dini terhadap masalah yang dapat mengganggu operasional bisnis dan memastikan jika gangguan bisa diatasi sebelum memiliki dampak yang lebih luas.
b. Otomatisasi tugas rutin
MSITO dilengkapi dengan Robotic Process Automation (RPA) untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin yang dilakukan secara berkala, mulai dari backup data, patching, hingga pembaruan yang dibutuhkan oleh sistem. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi beban kerja internal dan memastikan semua sistem tetap up-to-date.
Baca juga: Tingkatkan Layanan Pelanggan dengan Managed IT Operation
c. Dukungan teknis
Dengan managed service, perusahaan mendapat akses pada tim teknis yang bersertifikasi dan profesional. Dukungan ini mencakup bantuan dalam penyelesaian masalah serta konsultasi best practice untuk operasional IT.
2. Keamanan dan konformitas
a. Kepatuhan regulasi
Pengelolaan operasional IT didukung dengan tata kelola berbasis ITIL v4 dan standar keamanan sesuai dengan regulasi. Layanan pengelola IT membantu perusahaan memastikan bahwa semua infrastruktur IT telah sesuai dengan regulasi yang berlaku.
b. Manajemen risiko
Managed Service IT Operations melakukan analisis risiko secara berkala guna mengidentifikasi potensi ancaman serta adanya kelemahan dalam sistem IT. Maka, perusahaan dapat mengelola risiko lebih baik dan mengambil tindakan preventif untuk menghindari gangguan terhadap operasional perusahaan.
3. Cost effective
a. Efektivitas biaya
Menggunakan layanan Managed Service biasanya melibatkan biaya yang telah ditentukan dengan efektivitas yang terukur. Adanya biaya yang disepakati ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan perencanaan anggaran IT dengan lebih baik.
b. Penggunaan sumber daya yang optimal
Dengan menyerahkan manajemen IT kepada pengelola eksternal, perusahaan dapat mengeliminasi anggaran yang tidak diperlukan untuk mengelola infrastruktur. Tim internal dapat fokus pada proyek-proyek strategis yang lebih penting bagi pertumbuhan bisnis.
Baca juga: Hemat Biaya IT dengan Managed Service, Bagaimana Caranya?
c. Penghematan infrastruktur
Layanan pengelolaan IT seringkali memiliki infrastruktur yang lebih canggih dan dapat diakses oleh perusahaan tanpa perlu investasi besar dalam perangkat keras dan perangkat lunak. Yaitu termasuk akses ke pusat data, server cloud, dan teknologi terbaru lainnya.
4. Fleksibilitas
a. Skalabilitas
Layanan Managed Service memudahkan perusahaan untuk meningkatkan atau menurunkan kapasitas IT sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, jika perusahaan mengalami lonjakan permintaan, layanan ini dapat menyediakan sumber daya tambahan untuk mendukung peningkatan tersebut secepatnya.
b. Fleksibilitas
Managed Service menawarkan fleksibilitas dalam pemilihan layanan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan. Perusahaan dapat memilih berbagai paket layanan yang mencakup dukungan penuh atau layanan tertentu yang diinginkan.
Lintasarta Managed Service IT Operations (MSITO)
Managed Service IT Operations memiliki kapasitas penting dalam mendukung operasional dan pertumbuhan bisnis perusahaan. Lintasarta hadir untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan teknologi bisnis Anda yang meliputi Desktop Operation Support, Network Operation Support, Voice & Telepresence Support, Server Operation Support, Database Operation Support dan System Apps Operation Support.
Dengan layanan MSITO dari Lintasarta, bisnis yang Anda kelola akan jauh lebih efisien, cost effective, aman, sekaligus lebih adaptif dalam menghadapi tantangan bisnis di masa depan.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang MSITO dan bagaimana penerapan sistem ini bagi perusahaan, Anda dapat mengikuti tautan berikut ini.