Menyambut New Normal di Indonesia, bisnis perlu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan perubahan lainnya termasuk dari sisi pemasaran dan periklanan. Berikut penjelasannya! Pandemi yang terjadi di sejumlah negara termasuk di Indonesia telah melumpuhkan perekonomian. Dalam kondisi seperti ini, berbagai perusahaan pun dituntut untuk beradaptasi dengan cepat, baik dari sisi operasional maupun marketing agar bisnis tetap dapat berjalan lancar. Selain itu, strategi yang dilancarkan perusahaan di tengah pandemi maupun New Normal juga akan berdampak tidak hanya untuk jangka pendek, namun juga hingga tahun-tahun mendatang. Menyambut New Normal di Indonesia, bisnis juga harus beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan perubahan lainnya termasuk dari sisi marketing. Hal ini diperlukan agar perusahaan dapat menjangkau konsumen secara luas dan efektif meskipun di tengah pandemi maupun New Normal. Seperti halnya kebutuhan perusahaan lain yang mengandalkan teknologi, cara yang sama dapat membantu mempermudah marketing New Normal. Lantas bagaimana marketing New Normal yang tepat dan efektif di Indonesia?
Manfaatkan digital signage
Penggunaan signage statis konvensional memang penting dalam mendidik konsumen tentang social distancing atau praktik kebersihan yang benar. Hadirnya fasilitas ini telah membantu meminimalisir kekhawatiran ketika masyarakat yang mulai keluar rumah atau melanjutkan aktivitas mereka saat New Normal. Namun tentu saja, dengan penelitian yang terus dilakukan oleh para ahli kesehatan, informasi maupun rekomendasi yang ditampilkan dalam signage akan berubah dengan cepat. Oleh karena itu, signage yang statis bukan solusi yang tepat untuk jangka panjang. Sebagai gantinya, digital signage akan mempermudah operator dalam mengubah informasi yang ditampilkan melalui Content Management System (CMS) berbasis Cloud. Solusi ini juga dapat diterapkan oleh perusahaan untuk kepentingan promosi saat New Normal di Indonesia. Teknologi ini juga sekaligus memecahkan banyak tantangan yang dihadapi perusahaan di tengah pandemi.
Baca juga: Lintasarta Managed SD-WAN Menjawab Tantangan Industri Media dan Digital Marketing
Sederhanakan tugas marketing dengan teknologi digital
New Normal bukan berarti masyarakat dapat hidup seperti saat sebelum pandemi. Masyarakat dan bisnis justru harus hidup berdampingan serta beradaptasi dengan pandemi. Saat New Normal di Indonesia diberlakukan, sejumlah bisnis diizinkan untuk kembali beroperasi namun dengan penyesuaian seperti batasan jumlah pelanggan yang diizinkan di sebuah toko. Dalam praktiknya, karyawan perlu menghitung jumlah pelanggan saat mereka tiba dan pergi. Untuk membantu bisnis menyederhanakan tugas tersebut, Anda dapat menggunakan digital signage untuk menambah maupun mengurangi jumlah pelanggan saat tiba maupun pergi. Nomor seri setiap pelanggan akan ditampilkan pada layar digital signage sehingga pelanggan dapat mengetahui kapan gilirannya masuk ke toko. Saat jumlah pelanggan mencapai batas maksimum, layar signage dapat diatur untuk menampilkan konten khusus kepada pelanggan lain yang sedang antre.
Teknologi digital membantu menekan penyebaran virus
Sejumlah penyedia digital signage kini menawarkan fasilitas kesehatan yang menggabungkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk mengedukasi maupun melindungi pelanggan. Dengan fasilitas tersebut, pelanggan dapat menerima pemindaian suhu tanpa menyentuh langsung. Hasil pemindaian itu akan terlihat pada layar beresolusi HD yang juga sudah terhubung dengan fasilitas tersebut. Tak hanya itu, sarung tangan, masker dan hand sanitizer juga sudah tersedia dalam fasilitas itu agar pelanggan merasa aman dan terlindungi.
Baca juga: New Normal di Indonesia: Apa saja yang perusahaan Anda perlu siapkan?
Mengingatkan dan mengedukasi pelanggan
Selama pandemi dan New Normal, mempraktikan kebersihan yang benar merupakan hal yang penting. Namun demikian, agar praktik tersebut tetap dilakukan dengan konsisten, diperlukan waktu dan pengingat. Dengan dukungan digital signage, Anda dapat mengerahkan konten promosi Anda sekaligus mengedukasi pelanggan melalui jutaan tampilan di berbagai lokasi. Cara ini cukup efektif untuk mengingatkan pelanggan akan pentingnya social distancing dan kebersihan yang benar. Fitur yang ditawarkan digital signage tepat digunakan perusahaan untuk tetap menjalankan kepentingan marketingmeski di saat New Normal. Pasalnya, konten yang ditampilkan didasarkan pada CMS sehingga lebih mudah untuk diperbarui dan relevan di berbagai lokasi. Lintasarta dapat membantu Anda menjalankan kepentingan marketing bisnis dengan optimal saat New Normal melalui Lintasarta Digital Ads. Layanan Lintasarta Digital Ads akan memungkinkan Anda mengawasi konten secara real-time,menjangkau pasar di mana pun melalui jaringan Internet, hingga mengoptimalkan biaya marketing perusahaan. Lintasarta Digital Ads juga menyediakan beragam media promosi New Normal selain digital signage yang dapat membantu Anda semakin memperluas jangkauan audiens. Di antara media promosi New Normal yang tercakup dalam Lintasarta Digital Ads yaitu WiFi Marketing, Digital Queuing System hingga Videotron. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan dan keunggulan Lintasarta Digital Ads lainnya.