JAKARTA. Sektor industri kesehatan di Indonesia terus tumbuh pesat terutama didorong oleh kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang berkualitas. Para pelaku di sektor ini juga terus melakukan inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan memberikan kepuasan kepada pelanggan, serta mewujudkan Smart Hospital dalam menghadapi Universal Health Coverage (UHC) di tahun 2019.
Industri kesehatan merupakan pasar yang besar dan potensial dengan market size pada tahun 2014 sekitar Rp 340 triliun dan terus meningkat setiap tahunnya, termasuk di 2017 ini. Pasar yang besar dan banyaknya instansi yang terlibat, seperti Rumah Sakit, Laboratorium, pabrik dan distributor obat, serta asuransi kesehatan membutuhkan solusi teknologi informasi untuk memberikan kemudahan, kecepatan, ketepatan dan kenyamanan terhadap layanan kesehatan.
Perwujudan Smart Hospital membutuhkan sebuah transformasi digital sebagai bentuk ekspansi bisnis dalam mengimplementasikan kualitas pelayanan kesehatan terbaik dan dapat diandalkan. Salah satu hasil dari sebuah transformasi digital dan poin utama dari Smart Hospital adalah informasi dan pelayanan kesehatan dapat diakses oleh siapa saja secara real time sehingga kenyamanan, kepercayaan, dan loyalitas pelanggan akan meningkat pesat.
Untuk mengimplementasikan transformasi digital, pelaku usaha di industri kesehatan membutuhkan partner ICT tepat untuk memastikan proses transformasi tersebut berjalan dengan baik. Owlexa Healthcare yang merupakan Business Unit dari Lintasarta merupakan partner terbaik dalam mendukung pelaku usaha di industri kesehatan dalam melakukan sebuah transformasi digital.
IT Services Director Lintasarta, Arya N Soemali, mengatakan, Owlexa Healthcare hadir untuk menjadi partner terbaik dan dapat diandalkan para pelaku usaha di industri kesehatan. “Owlexa mendapatkan dukungan dari Lintasarta yang merupakan ICT Total Solution Company dan telah berpengalaman dalam memberikan solusi ICT seperti data communications, internet dan IT services sejak tahun 1988, ini menjadi nilai tambah tersendiri,” ujar Arya.
Menurut Arya, pelaku usaha khususnya Rumah Sakit membutuhkan kepastian akan kualitas layanan IT diantaranya aspek accessibility, availability, reliability, dan security. Hal ini yang akan Lintasarta berikan kepada pihak pelaku usaha di industri kesehatan khususnya Rumah Sakit, baik dari sisi infrastruktur ICT dan layanan diatasnya dengan dukungan tenaga IT professional dan telah tersertifikasi.
Seperti diketahui, Owlexa memiliki Third Party Administrator (TPA) dan Administrative Services Only (ASO), yaitu layanan administrasi kesehatan bagi peserta Asuransi / kelompok perusahaan mulai dari mengelola data kepesertaan, melakukan kerjasama ke penyedia pelayanan kesehatan, verifikasi keabsahan peserta saat pendaftaran pasien, melakukan monitoring pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien, verifikasi klaim sampai dengan pembayaran serta pelaporan.
Dengan dukungan dari Lintasarta, Owlexa dapat memberikan solusi end to end meliputi layanan Data Communication, Internet, Data Center, Disaster Recovery Center (DRC), Cloud Services, Collaboration Solution (Video Conference), Hospital Information System (HIS), Security Solution dan Online Appointment Solution.
Salah satu bentuk komitmen dan dukungan Owlexa untuk industri kesehatan hadir melalui booth yang ada pada event Seminar Nasional IV dan Healthcare Expo III pada Selasa-Kamis (22-24/8) lalu di Hotel Fairmont, Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) ini terselenggara dengan membawa tema “Smart Hospital, Tantangan Bagi Rumah Sakit di era Universal Health Coverage”.
Booth Owlexa menampilkan berbagai macam solusi untuk pelaku usaha di industri kesehatan seperti Hospital Information System (HIS), Data Security Solution untuk Rumah Sakit, Collaboration Solution (Video Conference), dan Online Appointment. Booth Owlexa-pun mendapatkan tanggapan yang sangat antusias dari ratusan peserta acara yang merupakan pimpinan dari berbagai instansi di industri kesehatan, termasuk kehadiran Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Moeloek di booth Owlexa.
Owlexa didukung layanan sistem contact center 7×24 jam, online EDC, mobile application, sistem reporting dan tenaga profesional yang berpengalaman di bidangnya, sehingga Owlexa siap bersaing dan memberikan nilai tambah kepada pelaku usaha di industri kesehatan.